Monday, January 20, 2014

Bangunan Ramah Lingkungan Terbaik di Dunia



Jika dunia ingin melakukan sesuatu tentang pemanasan global, maka kita perlu mengubah lebih dari sekedar bagaimana kita hidup (way of life), kita juga perlu mengubah apa yang kita tinggali. Kurangnya pendekatan sadar lingkungan untuk konstruksi jelas merupakan kontribusi besar terhadap pemanasan di planet kita. Bangunan perumahan ataupun gedung gedung perkantoran bertingkat mempunyai kontribusi yang cukup besar dalam pemanasan global. Membangun bangunan ramah lingkungan atau bangunan hijau (Green Building) adalah bagian penting dari setiap kebijakan lingkungan yang patut untuk kita perhitungkan.

Oleh karena itu cukup beralasan bahwa jika kita benar-benar serius tentang memperhatikan dan melindungi lingkungan maka kita harus membangun bangunan ramah lingkungan di masa depan yang lebih hijau. Di bawah ini, Anda akan melihat beberapa bangunan ramah lingkungan terbaik di dunia ini yang tidak hanya hijau, tapi sangat hemat energi, inovatif, dan indah.  Keseluruhan bangunan ramah lingkungan ini mempunyai satu kesamaan :Sustainability yaitu keberkelanjutan.
BANK OF AMERICA TOWER, NEW YORK
Bangunan ramah lingkungan - bank of america
Ini mungkin salah satu bangunan terhijau di dunia saat ini. Bangunan ramah lingkungan dengan 54 lantai ini menggunakan energi matahari yang dikumpulkan sendiri, memanfaatan kembali limbah dan air hujan, menggunakan bahan baku untuk konstruksi dari sumber daya yang dapat terbarukan dan dari bahan daur ulang.
 CRYSTAL TOWER, MOSKOW
crystal-tower
The Crystal Island adalah sebuah pilot project pemerintah Rusia tentang pembangunan daerah ramah lingkungan yang berkelanjutan. Bangunan ini dirancang untuk rumah lebih dari 30 ribu orang didalamnya. Green building ini menggunakan energi angin dan energi matahari dan didisain untuk memudahkan pengaturan suhu dikarenakan suhu yang bergitu ekstrim yang terdapat di Rusia.
INDIA TOWER
India tower
Bangunan ramah lingkungan ini terletak di negara terpadat kedua di dunia. Bangunan dengan 74 lantai ini selesai di bangunan di tahun 2010. Setiap blok dari gedung ini mempunyai fungsi yang berbeda beda, seperti perumahan, perkantoran, dan rekreasi. Green building ini didesain dengan memanfaatkan bayangan matahari untuk pengurangan panas matahari dan penerangan, penggunaan ventilasi alami, pemanfaatan air hujan, dan penggunaan bahan material yang dapat terbaharukan. Bangunan ini mendapatkan peringkat emas dalam LEED (Leadirship ini Energy and Environment Design)
CLINTON PRESIDENTIAL LIBRARY, ARKANSAS
clinton-presidential-library gedung ramah lingkungan
Clinton Presidential Library, di Litle Rock, Arkansas, Amerika ini menggunakan sumber daya yang terbarukan dan pemanfaatan sampah daur ulang. Disamping itu bangunan ini juga menggunakan konsep roof garden yaitu menanami atap bangunan ini dengan tumbuhan hijau. Hal ini bertujuan untuk pengaturan temperatur dan pemanfaatan air hujan agar lebih maksimal.
COR, MIAMI
cor miami
Bangunan ini bukan saja di desain secara indah dan artistik tetapi juga sangat ramah lingkungan. Penggunaan  panel photovoltaic, turbin angin, pemanfaatan energi panas matahari, dan pendinginan alami menjadikan bangunan ramah lingkungan yang selesai di bangun di tahun 2009 ini yang terbaik.
BURJ AL-TAQA, DUBAI
burj-al-taqa-bangunan ramah lingkungan
Dunia arsitek tidak mungkin dapat melupakan bangunan di Semenanjung Arab ini karena keajaibannya. Burj Al-Taqa merupakan bangunan ramah lingkungan yang menghasilkan energi surya dan angin dengan emini NOL. Bangunan ini memiliki sistem pendingin, dengan mengambil udara dari luar yang kemudian didinginkan dengan air laut dan mendistribusikan untuk lingkungan sekitarnya.
CH2, MELBOURNE
CH2 green building
CH2 atau Council House 2 terletak di pusat kota Melbourne,  adalah bangunan yang mendapatkan penghargaan PBB untuk desain yang berkelanjutan dan efisiensi energi. Bangunan ini mempunyai pendinginan termal massa, sel surya, turbin angin, daur ulang limbah, langit-langit dingin dan permadani menakjubkan yang berasal dari daur ulang kayu fotovoltaik dan mempromosikan bangunan ramah lingkungan lingkungan yang sehat.
BMW WELT, MUNICH
bmwwelt bangunan ramah lingkungan
Kamu harus melihat sendiri untuk menyaksikan keindahan yang luar biasa dari bangunan ini. Pabrik pembuatan mobil jerman yang terkenal ini menghabiskan begitu banyak uang untuk membangun  green building ini.
MANITOBA HYDRO OFFICE, CANADA
Manitoba Hydro Place
Bangunan seluas 64.590 meter persegi ini pada tahun 2012 mendapatkan sertifikat platinum LEED. Bangunan ini berdiri pada tahun 2009 merupakan bangunan perusahaan air di Canada.
ALMADEN TOWER, CALIFORNIA
Adobe_HQ gedung ramah lingkungan
Almaden Tower merupakan bangunan kantor yang digunakan oleh perusahaan perangkat lunak terkenal di dunia, yaitu Adebe System Incorporated. Pada anda semua tahu dong. Itu loh program pembuka file PDF dan untuk mengedit gambar. Perusahaan ini aktif dalam program yang berbau  ”green” seperti pengurangan sampah, perlingdungan lingkungan, penggunaan teknologi yang lebih hijau, Sehingga untuk mencitrakan perusahaannya, kantor yang dibangun pada tahun 2003 ini,  Cushman & Wakefield menerapkan bangunan ramah lingkungan. Almaden Tower.

No comments:

Post a Comment

cara merubah file word ke format gambar/JPG

Merubah file PDF ke Word atau Excel atau sebaliknya mungkin sudah biasa saya lakukan, bahkan hampir setiap hari karena ada-ada saja invoic...