Saturday, December 28, 2013

Istilah dan Pengertian Dalam Olahraga

       

Sering kita jumpai ketika kita sedang melakukan olahraga di tempat umum (maksudnya tempat yang sering di gunakan sebagai tempat olahraga yo ^-^) seseorang memakai istilah-istilah olahraga yang kadang kita sendiripun tidak mengerti apa sih maksud dan tujuan dari istilah-istilah tersebut atau kadang kita bisa nyebut tapi nga tau pengertian dan tujuan nya 

.

Nah sesuai dengan tema postingan saya kali ini, saya akan memberikan sedikit istilah-istilah dan pengertian yang sering di gunakan dalam olahraga.

1) Volume adalah kualitas beban pelatihan yang dinyatakan dengan satuan jarak total waktu pelatihan, jumlah elemen pelatihan, jumlah set dan sebagainya.

2) Intensitas  adalah kualitas beban pelatihan yang menunjukan kadar tingkat pengeluaran energi atlet dalam melakukan tugas fisiknya.

3)  Recovery adalah waktu yang digunakan untuk pemulihan tenaga kembali antara satu elemen beban pelatihan berikutnya.

4)  Repetisi adalah ulangan gerak beberapa kali atlet dalam melakukan setiap kali giliran.

5)  Set adalah jumlah priode dalam satu gerakan latihan.

6)  Frekuensi adalah beberapa kali program pelatihan dilakukan setiap harinya setiap minggu.

7)  Durasi adalah lama pelatihan dalam satu sesi pelatihan atau waktu total rangsangan motorik dengan beban pelatihan dalam satu unit pelatihan.

8) Irama adalah ritme atau tempo beban pelatihan yang berhubungan dengan tinggi  rendahnya intensitas dan berat ringannya beban pelatihan dalam satu unit pelatihan.

9)  Interval adalah jangka waktu untuk istirahat antara dua latihan yang berkaitan.

10) Agility adalah Kemampuan seseorang untuk bergerak cepat dan dapat merubah arah gerakan atau kondisi tubuh secara berulang-ulang.

11) Akurasi adalah kemampuan seseorang dalam melakukan sesuatu dengan teliti, tepat, cermat, seksama dan akurat.

12) Back Roll adalah sikap menggulingkan tubuh ke belakang dengan posisi badan tetap membulat.

13) Backhand adalah cara memukul bola dimana bagian punggung tangan yag memegang raket mengarah ke arah bola yang akan dipukul.

14) Handstand adalah gerakan berdiri dengan kedua tangan lurus ke atas pada senam lantai.

15) Zona defence  : pola bertahan dengan menjaga daerah pertahanan sendiri.



Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan mengenai istilah yang terdapat dalam olahraga beserta pengertiannya, semoga membantu anda dalam menambah wawasan dalam dunia olahraga. 

Dan Jangan lupa kritik dan sarannya yooooo..... hehe  salam olahraga ^-^.

4 comments:

cara merubah file word ke format gambar/JPG

Merubah file PDF ke Word atau Excel atau sebaliknya mungkin sudah biasa saya lakukan, bahkan hampir setiap hari karena ada-ada saja invoic...