Tuesday, December 31, 2013

Latihan Shadow Menendang Menggunakan beban karet

Setelah sebelumnya saya memposting latihan shadow menendang menggunakan beban dumbbell sebagai salah satu bentuk latihan yang meningkatkan kekuatan tendangan, kali ini saya akan memposting lagi bentuk latihan berikutnya yang dapat meningkatkan kekuatan tendangan yaitu latihan shadow menendang menggunakan beban karet. latihan ini merupakan salah satu bentuk latihan yang efektif dalam meningkatkan kekuatan tendangan. hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian saya terhadap murid MTs Negeri Model samarinda yang dimana kekuatan tendangannya meningkat setelah diberikan latihan ini.


Menurut Nur Ichsan Halim (2009:15) mengemukakan bahwa “kekuatan adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan ototnya untuk menerima beban sewaktu bekerja”. Kekuatan otot merupakan kontraksi maksimal yang dihasilkan oleh otot atau sekelompok otot. Untuk meningkatkan kekuatan, sistem latihan yang paling efektif adalah latihan berbeban. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan bentuk latihan tendangan beban karet.
Bentuk latihan dengan menggunakan beban karet secara fundemental mengadopsi dari latihan tahanan yaitu menarik beban karet sebagai bahan yang di ikatkan pada bagian tungkai bawah, hal ini dapat menunjukkan suatu  pengembangan yang di tunjukan ke salah satu bagian tubuh tertentu, terutama pada bagian tungkai. Bahwa kondisi fisik yang di kehendaki dapat di kembangkan melalui latihan beban karet ini . latihan berbeban karet pada tungkai adalah suatu bentuk latihan yang memamfaatkan beban luar berupa karet yang di ikatkan pada pergelangan kaki.
Latihan shadow menendang menggunakan beban karet adalah salah satu bentuk latihan menendang tanpa bola yang dilakukan berulang-ulang dengan menggunakan beban yang berupa karet.

Pada posisi siap menendang kemudian melakukan gerakan tendangan dalam keadaan kaki terikat oleh karet yang diikatkan pada salah satu tiang sebagai penyangga karet dengan tujuan untuk melatih kekuatan sehingga menghasilkan daya ledak otot tungkai pada saat melakukan tendangan.
Dalam hal  ini, latihan shadow menendang menggunakan beban karet yang ideal dilakukan dengan cara :
  1. Posisi badan berada di belakang sasaran (membayangkan seolah-olah ada bola) dan posisi badan sedikit condong ke depan.
  2. Kaki tumpuan diletakkan di samping sasaran dan ujung kaki menghadap sasaran dan lutut sedikit ditekuk.
  3. Kaki untuk menendang berada di belakang sasaran dengan punggung kaki menghadap sasaran, kemudian ayunkan kedepan
  4. Tempatkan punggung kaki tepat di tengah-tengah sasaran.
  5. Setelah menendang kaki tetap mengayun ke depan mengikuti arah sasaran.

No comments:

Post a Comment

cara merubah file word ke format gambar/JPG

Merubah file PDF ke Word atau Excel atau sebaliknya mungkin sudah biasa saya lakukan, bahkan hampir setiap hari karena ada-ada saja invoic...