Sunday, December 29, 2013

LATIHAN SHADOW MENENDANG DENGAN MENGGUNAKAN BEBAN DUMBBELL TERHADAP KEMAMPUAN MENENDANG

Untuk kali ini saya akan memposting salah satu bentuk latihan yang sangat efektif dalam meningkatkan kekuatan tendangan, latihan shadow menendang dengan menggunakan beban dumbbell merupakan salah satu bentuk latihan yang efektif dalam meningkatkan kekuatan tendangan. hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian saya terhadap murid MTs Negeri Model samarinda yang dimana kekuatan tendangannya meningkat drastis setelah diberikan latihan ini. 


Latihan Shadow Menendang Menggunakan Beban Dumbbell


Latihan shadow menendang menggunakan beban dumbbell adalah salah satu bentuk latihan menendang tanpa bola yang dilakukan berulang-ulang dengan menggunakan media beban berupa dumbbell.
Daya ledak (muscular power) adalah kemampuan seseorang untuk mempergunakan kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu yang sependek-pendeknya. Daya ledak atau power sangat dibutuhkan dalam berbagai cabang olahraga apalagi cabang olahraga yang menuntut aktifitas yang berat dan cepat atau kegiatan yang harus dilakukan dalam waktu sesingkat mungkin dengan beban yang berat untuk mampu melaksanakan  aktifitas penggabungan antara kekuatan dan kecepatan otot tungkai yang dikerahkan secara bersama-sama dalam mengatasi tahan beban yang relatif singkat.
Daya ledak merupakan suatu unsur diantara unsur-unsur komponen kondisi fisik yaitu kemampuan biomotorik manusia, yang dapat ditingkatkan  sampai batas-batas tertentu dengan melakukan  latihan-latihan tertentu yang sesuai. “Power adalah hasil dari force x velocity, yang mana force adalah sepadan strength dan velocity dengan speed”, (Harsono, 1988:199).
Daya ledak otot tungkai merupakan kondisi fisik yang sangat erat kaitannya terhadap seseorang yang sering menggunakan otot-otot tungkainya untuk melakukan aktifitas atau menerima beban. Salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan daya ledak otot tungkai adalah latihan shadow menendang menggunakan beban dumbbell.
Tujuan akhir dari latihan shadow menendang menggunakan beban dumbbell adalah melatih kekuatan tendangan untuk mendapatkan daya lebih. karena untuk mendapatkan kekuatan tendangan yang maksimal di perlukan kekuatan dan elastisitas yang dimiliki kaki serta kecepatan tendangan yang berasal dari kecepatan eksekusi. Karena dengan bertambahnya kekuatan serta kecepatan dalam eksekusi menendang dan kualitas elastis yang dimiliki kaki maka secara tidak langsung akan menambah kekuatan tendangan seorang pemain sepak bola.
Dalam teknik dasar ini, latihan shadow menendang dengan menggunakan beban dumbbell yang ideal dilakukan dengan cara :
·    Posisi badan berada di belakang sasaran (membayangkan seolah-olah ada bola) dan posisi badan sedikit condong ke depan.
·      Kaki tumpuan diletakkan di samping sasaran dan ujung kaki menghadap sasaran dan lutut sedikit ditekuk.
·     Kaki untuk menendang berada di belakang sasaran dengan punggung kaki menghadap sasaran, kemudian ayunkan kedepan
·         Tempatkan punggung kaki tepat di tengah-tengah sasaran.
·         Setelah menendang kaki tetap mengayun ke depan mengikuti arah sasaran.




No comments:

Post a Comment

cara merubah file word ke format gambar/JPG

Merubah file PDF ke Word atau Excel atau sebaliknya mungkin sudah biasa saya lakukan, bahkan hampir setiap hari karena ada-ada saja invoic...